Rabu, 14 Maret 2012

kir (BI)

A. Rasional/Latar Belakang
1. Pengaruh Lingkungan terhadap kepribadian dan
tingkahlaku siswa sangat kuat,  padahal saat ini
pengaruh-pengaruh negatif dan tayangan -tayangan tv yang kurang sehat, ataupun yang
lainya sangat mudah didapat siswa, Untuk itu perlu
adanya sarana-sarana untuk mengisi waktu
luang siswa dengan kegiatan yang bermanfat.
2. Kegiatan yang khusus membimbing siswa dalam
menulis ilmiah saat ini kurang sekali
jika dibandingkan kegiatan bimbingan bidang lain,
misalnya dibidang musik moderen,
olahraga, dll. sehingga wadah untuk menampung ide-
ide kreatif mereka sangat kurang.
3.  Menulis merupakan salahsatu sarana untuk
mengkomunikasikan ide-ide dari seorang ,
namun saat ini pada umumnya kemampuan menulis siswa sangat rendah.
4.  Produk-produk karya ilmiah sangat sedikit dibandingkan dengan produk-produk karya
tulis lainya, misalnya karyatulis fiksi.

B. Tujuan
1. Terciptanya sarana pengisi waktu luang siswa yang baik.
2. Terciptanya kegiatan khusus yang membimbing dan memupuk siswa dalam
menuangkan ide-ide kreatifnya
3. Meningkatkan kemampuan menulis siwa.
4. Meningkatkan kuantitas dan kualitas produk karya tulis ilmiah.
C. Sasaran
1. Siswa Kelas VII : Mampu menyusun laporan dari suatu penelitian sederhana.
2. Siswa Kelas VIII : Mampu merancang, melaksanakan serta menyusun laporan
penelitian yang lebih baik dan mampu bersaing dalam ajang lomba.
D. Strategi Mencapai Tujuan dan Sasaran
1. Memberikan teori-teori tentang menulis ilmiah.
2. Memberikan latihanlatihan penelitian mulai dengan permasalahan-permasalahan
sederhana yang disiapkan pembina sampai mengajukan permasalahan sendiri.
E. Program Latihan
- Kelas VII
1. Pengertian KIR. 2. Ciri-ciri tulisan ilmiah.
3. Bentuk-bentuk tulisan ilmiah.
4. Jenis-jenis penelitian.
5. Memilih permasalahan.
6. Kerangka karyatulis Ilmiah.
7. Penjelasan tentang bagian awal Karya Ilmiah.
8. Penjelasan tentang inti karya ilmiah.
9. Cara memperoleh data Penelitian.
10. Membuat contoh tabel data hasil pengamatan.
11. Analisis data pengamatan.
12. Penjelasan tentang bagian akhir Karya Ilmiah.
13. Mengadakan latihan eksperimen sederhana..
14. Menyusun laporan hasil eksperimen.
15. Mendata permasalahan yang diajukan siswa.
16. Pemilihan permasalahan eksperimen.
– Kelas VIII
1. Mendata permasalahan yang diajukan siswa.
2. Pemilihan permasalahan.
3. Pelaksanaan eksperimen.
4. Menyusun Laporan hasil Eksperimen.
5. Penggandaan laporan.
6. Pengiriman Karyatulis untuk Lomba.
F. Prestasi Yang Telah Diraih
Karena program ekstrakurikuler ini masih baru diluncurkan, maka kami belum mampu
menghasilkan karya tulis yang mampu bersaing dalam lomba.
G. Lain-lain
1. Kami sangat mengharapkan san dari semua pihak demi kemajuan program ini baik
secara langsung maupun ke email : ekskul_kir@semasajaya.sch.id.
2. Kami sangat mengharapkan dukungan baik moral maupun sepiritual dari wali siswa
untuk kemajuan program ini, yang pasti berdampak pada meningkatnya kemampuan
menulis dari putra-putri bapak dan ibu, dimana kemampuan ini sangat penting untuk
pendidikan pada jenjang lebih tinggi dan demi masa depan mereka umumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar